Mental Health


KERANGKA KARANGAN



Tema/Topik   : Technology and Mental Health

Judul              : Pengaruh Kecanduan Media Sosial Pada Remaja Indonesia Terhadap Kesehatan
                           Mental.

Pembukaan    :

1.      Latar Belakang
Keberadaan media sosial yang berkembang dengan pesat telah membuat sebagian besar remaja tidak dapat terlepas dalam menggunakan media sosial pada kehidupan sehari-hari. Hal ini memberikan dampak candu yang berlebihan kepada mereka. Dengan adanya kecanduan dapat membuat kesehatan mental terganggu seperti stress, tidak percaya diri, cemas, dan iri.

Isi                    :

1.      Data/ Fakta
Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti dengan membagikan kuesioner kepada sampel remaja di SMPN 36 BANDUNG, mereka cenderung menggunakan media sosial saat ada waktu luang, merasa tidak ada kerjaan, atau sekadar menunggu sesuatu. Terlebih dari itu hampir 70% dari mereka menggunakan media sosial secara berlebihan, mereka bisa menghabiskan berjam-jam hanya untuk memantau media sosial mulai dari instagram, pindah ke twitter, buka snapchat, dan lainnya.

2.      Argumen
Banyak remaja yang terlarut dalam media sosial sehingga menjauhkan yang dekat, mendekatan yang jauh memang benar adanya padahal tujuan awal keberadaan media sosial adalah untuk membuat manusia bersosial, kini media sosial telah bermetamorfosis menjadi media asosial.. Aktivitas tersebut telah menjadi kebiasaan baru di era milenial saat ini. Kebiasaan baru ini menyebabkan munculnya rasa kehilangan ketika gawai lupa dibawa kemana-mana. Seseorang cenderung akan merasa aneh karena tidak bisa berselancar di media sosial tanpa gawai, seolah-olah gawai lebih berarti dari segalanya.


Penutup          :

1.      Solusi/ Saran
 Terdapat beberapa cara untuk mengatasi kecanduan media sosial khususnya bagi remaja yaitu dengan Offline sejenak dari media sosial, Gunakan secara bijak, Matikan notifikasi, dan Buat batasan yang tegas untuk penggunaan media sosial.








Komentar

Postingan Populer